Selasa, 20 November 2018

cara memilih tenda dome yaang kualitas terbaik

Cara memilih tenda dome dijamin kuat

Tenda dome merupakan tempat tinggal Anda selama berkegiatan di alam bebas, misalnya ketika sedang camping atau naik gunung
. Kenyamanan dalam menggunakan tenda sangat perlu Anda perhatikan. Berikut akan kami jelaskan apa saja yang harus Anda perhatikan agar tenda dome Anda nyaman saat digunakan.

Pilih ukuran tenda sesuai jumlah pengguna dan tinggi atap tenda

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih tenda dome adalah ukuran. Pilihlah tenda dome yang sesuai dengan jumlah orang yang menggunakannya dan tinggi dari atap tenda tersebut.

Pilih ukuran dengan mengasumsikan jumlah orang yang ikut plus satu orang

Pilih ukuran dengan mengasumsikan jumlah orang yang ikut plus satu orang
Biasanya orang-orang akan menyesuaikan jenis tenda yang dibawa dengan jumlah orang yang ikut pergi. Namun, jika Anda membawa tenda berkapasitas pas-pasan dengan jumlah orang yang ikut, tenda akan terlalu sempit dan membuat Anda tidak nyaman. Agar terasa lebih leluasa, sebaiknya sisakan ruang yang kira-kira luasnya seperti ukuran 1 orang. Contohnya, bila Anda pergi berempat, bawalah tenda berkapasitas 5 orang.
Meski demikian, hal ini tidak bisa dilakukan apabila jumlah peserta lebih dari 5. Sebab, tenda yang dapat memuat di atas 6 orang berbobot berat dan lebih sulit dibawa. Selain itu, tentu akan lebih mudah memasang beberapa tenda berkapasitas 2 atau 3 orang ketimbang memasang satu tenda berukuran besar seperti ini.

Pilih ketinggian yang pas agar bisa bebas bergerak dan berganti baju dalam tenda

Pilih ketinggian yang pas agar bisa bebas bergerak dan berganti baju dalam tenda
Kriteria lain yang perlu diperhatikan untuk memilih tenda yang nyaman adalah memeriksa ketinggian tenda. Tenda tidak hanya menjadi tempat untuk tidur, tetapi juga untuk berganti pakaian. Jika atap tenda tersebut terlalu rendah, ruang gerak Anda pun akan terbatas sehingga Anda menjadi tidak leluasa saat ganti baju. Demi kenyamanan Anda, pilihlah tenda dengan ukuran tinggi yang pas.

Pilih kadar ketahanan air bagian flysheet dan alas tenda, sebaiknya di atas 1500 mm

Pilih kadar ketahanan air bagian flysheet dan alas tenda, sebaiknya di atas 1500 mm
Agar Anda tetap merasa aman dan nyaman saat mendadak turun hujan, Anda perlu mengecek kadar ketahanan air tenda pilihan Anda, terutama di bagian flysheet dan bawah tenda. Di pasaran memang terdapat berbagai produk tenda tahan air, tetapi pilihlah tenda yang memiliki ketahanan air sekitar 1500 mm agar Anda bisa merasa lebih aman saat turun hujan.
Tenda dengan tingkat water resistance sekitar 1500 mm mampu menahan hujan ringan atau gerimis. Namun, bila Anda berencana pergi di musim hujan, sebaiknya menggunakan tenda dengan tingkat ketahanan air sebesar 2000 mm atau lebih.

Pilih ketahanan dan harga tenda berdasarkan intensitas pemakaiannya

Pilih ketahanan dan harga tenda berdasarkan intensitas pemakaiannya
Bisa dikatakan awet atau tidaknya tenda bergantung pada kualitas bahan yang digunakan. Jika Anda ingin memiliki tenda yang tahan lama, tentu harganya lebih mahal. Karena itu, sebaiknya Anda memilih kualitas tenda sesuai dengan frekuensi pemakaiannya.
Jika Anda hanya akan memakai tenda tersebut 1-2 kali saja dalam setahun, Anda tidak perlu memilih tenda yang mahal karena dengan tenda biasa pun, tenda tersebut bisa awet hingga beberapa tahun. Namun, jika Anda sering menggunakan tenda dan ingin tenda tersebut bisa awet hingga 10 tahun lebih, pilihlah tenda dengan daya tahan yang tinggi. Pilihlah jenis tenda yang sesuai dengan gaya camping Anda.

Pilih tenda yang mudah dipasang bahkan oleh pemula

Pilih tenda yang mudah dipasang bahkan oleh pemula
Khususnya untuk Anda yang masih pemula, hal lain yang harus Anda perhatikan adalah kemudahan saat pemasangan. Umumnya tenda dome memang mudah dipasang, tetapi ada beberapa tenda yang sangat mudah dipasang misalnya hanya dengan satu sentuhan (tenda pop up). Karena itu, pilihlah tenda yang bisa dipasang semudah mungkin.
Semakin besar ukuran tenda, akan semakin sulit pula pemasangannya sehingga dibutuhkan beberapa orang untuk melakukannya. Jika Anda memilih tenda yang sulit dipasang, Anda juga harus memikirkan jumlah orang yang dapat membantu Anda memasang tenda.

Pilih tenda yang mudah dibawa. Perhatikan ukuran dan bobotnya

Pilih tenda yang mudah dibawa. Perhatikan ukuran dan bobotnya
Jika Anda pergi ke tempat berkemah menggunakan mobil, tentu bobot dan ukuran tenda tidak menjadi masalah. Namun, jika Anda harus mendaki gunung atau berjalan jauh terlebih dahulu sebelum sampai ke tempat berkemah, sebaiknya Anda memperhatikan bobot dan ukuran tenda yang akan Anda bawa.
Umumnya, semakin besar tenda, bobot dan ukurannya juga akan semakin besar. Jadi, perhatikan juga jarak Anda saat membawa tenda tersebut sampai ke tempat berkemah, pilihlah yang ringan dan mudah dibawa.

Perhatikan hal-hal lainnya untuk kenyamanan Anda

Meskipun tidak terlalu krusial seperti poin-poin sebelumnya, tetapi beberapa hal berikut ini bisa membuat tenda Anda menjadi lebih nyaman.

Teras tenda, berfungsi sebagai tempat berkumpul sekaligus penghalang hujan

Teras tenda, berfungsi sebagai tempat berkumpul sekaligus penghalang hujan
Teras dapat memberikan sedikit ruang untuk meletakkan barang bawaan Anda, seperti sepatu atau carrier Anda sehingga bagian dalam tenda tidak sempit. Dengan adanya teras, selain dapat memperluas ruangan untuk santai, teras juga dapat dipakai untuk melindungi barang-barang di bagian depan dari hujan. Beberapa teras tenda juga dapat disambungkan ke mobil menggunakan tarp yang sesuai, tetapi kultur camping seperti ini masih jarang ditemukan di Indonesia.
Teras tenda memang bukanlah hal esensial yang wajib ada saat Anda memilih tenda, tetapi jika Anda merasa membutuhkannya, pilihlah tenda yang dilengkapi teras.

Kantong, memudahkan menyimpan perlengkapan di dalam tenda

Kantong, memudahkan menyimpan perlengkapan di dalam tenda
Keberadaan kantong sangat praktis dipakai untuk menyimpan barang-barang kecil. Anda tentu akan lebih mudah menjangkau barang-barang tersebut saat dibutuhkan. Biasanya yang disimpan di kantong tenda adalah alat-alat yang dibutuhkan saat penting atau darurat, seperti senter, obat-obatan, atau pun gadget Anda.

Jendela atap, jika Anda tertarik untuk melihat langit dari dalam tenda

Jendela atap, jika Anda tertarik untuk melihat langit dari dalam tenda
Tenda yang memiliki jendela pada bagian atap mungkin akan membuat tenda menjadi terlalu terang, bahkan termasuk dalam tenda yang semestinya temaram. Meski demikian, adanya jendela tersebut akan menambah ventilasi sehingga sirkulasi udara lebih baik. Anda pun bisa menikmati bintang-bintang di langit malam dari dalam tenda sembari berbaring.

Ventilasi udara, membuat lebih nyaman saat musim kemarau atau musim hujan

Ventilasi udara, membuat lebih nyaman saat musim kemarau atau musim hujan
Selama musim kemarau, pasti udara di dalam tenda sangat panas, sedangkan di musim hujan, udara di dalam tenda akan terasa lembap. Untuk meningkatkan kenyamanan Anda saat camping, pilihlah tenda yang memiliki ventilasi baik agar sirkulasi udara di dalam tenda pun tetap baik. Dengan begitu, baik di musim kemarau atau pun hujan, Anda tetap bisa beristirahat di dalam tenda dengan nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar