Selasa, 20 November 2018

Cara memilih kompor gas portabel

Cara memilih kompor gas portabel

Sebelum membahas produk-produk yang direkomendasikan, terlebih dahulu kami akan menjelaskan bagaimana cara memilih kompor gas portabel yang bisa membantu Anda dalam berbagai situasi masak-memasak.

Pilih sesuai tempat pemakaian

Tempat pemakaian kompor gas portabel dibagi menjadi dua bagian yaitu indoor dan outdoor. Berikut ini adalah penjelasan poin-poin yang perlu diperhatikan berdasarkan tempat pemakaian kompor gas tersebut. Mari kita simak!

Tipe ekonomis yang hemat bahan bakar untuk pemakaian di rumah

Tipe ekonomis yang hemat bahan bakar untuk pemakaian di rumah
Untuk keluarga yang sering menggunakan kompor gas portabel di rumah, pilihlah produk yang hemat bahan bakar. Kalaupun Anda tidak menemukan keterangan “ekonomis” misalnya pada nama suatu produk, bukan berarti kompor gas portabel tersebut tidak hemat bahan bakar. Intinya, periksalah spesifikasi suatu produk dan pastikan kompor yang Anda pilih tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lama dengan konsumsi gas yang hemat.

Kompor gas dengan pelindung angin, cocok untuk di luar ruangan

Kompor gas dengan pelindung angin, cocok untuk di luar ruangan
Tidak seperti kompor gas portabel untuk di dalam ruangan, kompor gas yang didesain untuk digunakan di luar ruangan biasanya memiliki kaca atau penyangga yang berfungsi sebagai pelindung angin agar api tetap bisa menyala dengan tahan lama. Ada beberapa jenis kompor yang sudah dilengkapi dengan pelindung angin tersebut. Seandainya suatu produk tidak menyediakan pelindung angin ini, Anda juga bisa membuatnya sendiri secara terpisah dengan menggunakan berbagai material seperti logam atau kaca.
Bagi Anda yang akan menggunakan kompor gas portabel di luar ruangan, misalnya untuk camping, sebaiknya perhatikan kelengkapan ini sebelum Anda menentukan pilihan. Pengecekan ini agak sulit jika hanya dilakukan sekilas dengan melihat gambar. Jadi, kami sarankan agar Anda mengecek keterangan spesifikasi produk seperti halnya saat memeriksa konsumsi bahan bakar yang digunakan.

Pilih berdasarkan fungsi dasar yang mempengaruhi kemudahan penggunaan

Selain berdasarkan tempat pemakaiannya, pastikan kompor gas portabel yang Anda pilih juga mudah penggunaanya.

Memiliki daya minimal 2500 kkal/jam

Memiliki daya minimal 2500 kcal / jam
Pastikan kompor yang Anda pilih memiliki daya minimal 2500 kkal/jam untuk keperluan masak-memasak. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa keterangan tersebut hanyalah sebagai panduan secara umum karena kita tidak bisa membandingkan secara langsng kekuatan nyala api yang dihasilkan masing-masing kompor.
Contohnya kompor gas portabel jenis ekonomis. Kompor gas portabel tipe ini meminimalisir jumlah panas yang dihasilkan untuk menghemat pemakaian bahan bakar, tetapi tetap mempertahankan kekuatan nyala apinya. Misalnya lagi, kompor dengan sistem panel juga memiliki keunggulan dapat menstabilkan daya panasnya dengan baik. Hal tersebut, membuktikan bahwa tidak cukup hanya membandingkan nilai daya suatu produk, tetapi kita juga memperhatikan spesifikasi lainnya secara keseluruhan.

Badan kompor yang tipis dan ringan

Badan kompor yang tipis dan ringan
Badan kompor gas yang tipis dan ringan akan memudahkannya untuk dibawa kemana-mana, tidak memerlukan tempat penyimpanan yang luas, dan memiliki stabilitas yang tinggi. Anda tidak perlu khawatir panci berat yang Anda letakkan di atas kompor akan terjatuh karena kompor ini cukup stabil dengan badan kompor yang tidak terlalu tinggi.
Akan tetapi, tidak sedikit kompor gas portabel yang bodinya tipis ini yang mengorbankan fitur-fitur lain seperti kekuatan api, pemakaian bahan bakar, pelindung angin dan lainnya. Jadi, pastikan bahwa selain badan kompor yang tipis, kompor tersebut tetap memiliki keunggulan lainnya sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Bahan dan desain yang mudah perawatannya

Bahan dan desain yang mudah perawatannya
Hal lain yang harus dicek dalam memilih kompor gas portabel adalah kemudahan perawatannya. Apabila kompor Anda sering digunakan, berarti Anda akan semakin sering membersihkannya. Pastikan bagian penyangga pada kompor mudah untuk dicopot dan dipasang kembali pada saat Anda akan membersihkan dari sisa-sisa makanan.
Kemudahan perawatan pada kompor tergantung dari bahan dasar dan desain kompor itu sendiri. Jika bagian atas kompor dilapisi fluorine, ini akan memudahkan Anda membersihkan kotoran yang jatuh dari masakan yang Anda buat. Selain itu, jika tiap komponennya mudah dilepas, perawatannya juga akan lebih mudah dan Anda bisa menjangkau bagian-bagian kompor yang sulit dicapai sekalipun.

Dilengkapi mekanisme keselamatan

Dilengkapi mekanisme keselamatan
Selain mudah perawatannya, pastikan juga bahwa proses memasang atau melepaskan tabung gas pada suatu produk bisa dilakukan dengan mudah. Jangan lupa untuk mengecek juga apakah kompor tersebut memiliki fitur untuk mematikan api secara otomatis jika mendeteksi bahaya.
Selain fungsi otomastis untuk mematikan nyala api jika kaleng gas terlalu panas, saat ini ada juga jenis kompor gas yang dilengkapi fitur keselamatan untuk mencegah kebocoran gas. Bahkan ada yang secara otomatis menyalakan ulang api kompor jika api kompor mati, sedangkan gas masih dalam kondisi mengalir. Fungsi ini sangat disarankan untuk penggunaan di dalam ruangan tertutup untuk mencegah tersebarnya gas yang bocor dari kompor.

Pilihlah dengan menyesuaikan ukuran panci atau wajan

Pilihlah dengan menyesuaikan ukuran panci atau wajan
Pada saat Anda memilih kompor gas portabel, pastikan ukurannya sesuai dengan panci atau wajan yang akan digunakan. Jika wajan atau panci Anda lebih besar dari ukuran piringan kompor, bagian pinggirnya yang terinduksi panas bisa mengakibatkan kaleng gas ikut memanas yang pada akhirnya dapat memicu terjadinya kecelakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar